"Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes

Share on :

VIVAlife - Sutradara asal Austria, Michael Haneke kembali meraih penghargaan tertinggi dalam Festival Film Cannes. Setelah meraih penghargaan Palme d'Or lewat film The White Ribbon pada 2009 lalu, tahun ini, pria berusia 70 tahun tersebut mengantongi penghargaan yang sama berkat film Love (Amour).

Love (Amour) mengisahkan tentang seorang pria yang setia merawat sang istri yang tengah sakit. Film yang mengambil latar belakang di sebuah apartemen di Kota Paris ini pun sukses membuat para penonton menitikkan air mata.

"Film ini membahas tentang cinta," ujar Haneke dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu, 27 Mei 2012 waktu setempat.

"Jurnalis selalu mencoba memberikan label kepada sutradara dan mengatakan, 'Ia hanya spesialisasi dalam hal ini atau ahli dalam hal itu.' Untuk waktu yang lama saya menjadi ahli dalam (film bertema) kekerasan," kata Haneke seperti dilansir dari laman Reuters.

Tak hanya meraih penghargaan Palme d'Or, akting Jean-Louis Trintignant dan Emmanuelle Riva di film Love (Amour) pun menuai pujian. Berikut para pemenang dalam ajang Festival Film Cannes 2012:

1. Palme d'Or (Best Film) - Love/Amour (Austria) - Michael Haneke   
2. Grand Prix (Runner-up) - Reality (Italia) - Matteo Garrone   
3. Jury Prize (Third Prize) - The Angels' Share (Inggris) by Ken Loach   
4. Camera d'Or (Debut Film) - Beasts of the Southern Wild (AS) by Benh Zeitlin      
5. Best Director - Carlos Reygadas di film Post Tenebras Lux (Meksiko)   
6. Best Screenplay - Beyond the Hills (Rumania) - Cristian Mungiu   
7. Best Actress - Cosmina Stratan dan Cristina Flutur di film Beyond the Hills  
8. Best Actor - Mads Mikkelsen di film The Hunt

"Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes Gallery

"Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes

0 comments on "Love" Raih Penghargaan Tertinggi di Cannes :

Post a Comment and Don't Spam!