Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta

Share on :

Sukses menggelar pertunjukan musikal "Lutung Kasarung" di Bandung pada 2011, Yayasan Prima Ardian Tana dan Regu Kerja Didi Petet memboyong sang 'Lutung' ke Jakarta. 

Dengan penataan set panggung yang baik serta koreografi khas Jawa Barat, pertunjukkan dua babak ini menarik dan menghibur. Meski lakon berasal dari tanah Sunda, bahasa yang digunakan dalam pentas adalah bahasa Indonesia. 

"Di tangan tokoh-tokoh kreatif dan inovatif, musikal Lutung Kasarung ini bisa tampil dengan cita rasa kekinian yang inspiratif, imajinatif, dan ekspresif, tentunya tanpa menghilangkan esensi dari nilai-nilai filosifis Kesundaan," jelas Wakil Gubernur Jawa Barat sekaligus penggagas musikal ini, Dede Yusuf.

Pertunjukan melibatkan sejumlah seniman tanah air seperti Melly Goeslaw, Ronni Waluya, Poppy Sovia, Candil, Nina Tamam, Netta, dan Marcel Siahaan. Masing-masing memerankan karakternya dengan cermat.

Dalam arahan Didi petet dan tim produksi Ratna Riantiarno, pertunjukan di Jakarta diharapkan berbeda dari pertunjukan di kota kembang. Meski Didi Petet mengakui masih banyak kekurangan di hadapan awak media pada Kamis, 17 Mei 2012, pertunjukan semacam ini patut diapresiasi.

"Saya berharap Musikal Lutung Kasarung dapat menjadi sebuah inspirasi berkarya bagi para seniman Jawa Barat. Saya optimis kelak Jawa Barat mampu menjadi pelopor yang melahirkan pergelaran-pergelaran kelas dunia," ujar sutradara Musikal Lutung Kasarung, Didi Petet, Kamis malam.

Lutung Kasarung (Lutung yang tersesat) adalah cerita tentang legenda masyarakat Sunda mengenai perjalanan Sanghyang Gurumuda dari Kahyangan yang diturunkan ke bumi dalam wujud seekor lutung. Dalam perjalananya di bumi, sang Lutung mencari putri idaman hati.

Sosok itu terdapat di diri putri Purbasari Ayuwangi yang merupakan pemegang tahta kerajaan namun diusir oleh saudaranya, Purbararang. Untuk mendapatkan kembali tahtanya, Purbasari harus melewati beberapa cobaan dari Purbararang.

Musikal Lutung Kasarung akan digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada 18 - 27 Mei 2012. Dengan jadwal dua kali pertunjukan dalam satu hari, pukul 14.00 wib dan 19.30 wib. Harga tiket tersedia mulai Rp150ribu (kelas 2), Rp250ribu (kelas 1), Rp350ribu (VIP), dan Rp650ribu (VVIP). (eh)

Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Gallery

Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta

0 comments on Lutung Kasarung Siap Manggung di Jakarta :

Post a Comment and Don't Spam!