Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing

Share on :
Trio Macan (Foto: Maria Cicilia Galuh/okezone)
Trio Macan (Foto: Maria Cicilia Galuh/okezone)
JAKARTA - Girlband Cherrybelle yang dikenal dengan ungkapan Chibi-Chibi-nya itu diberitakan telah menjiplak reffrain lagu "Kissing You" milik SNSD lalu dimasukkan ke dalam lagu mereka berjudul “Best Friend Forever”, hingga kabarnya membuat personel SNSD marah.

Saat dikonfirmasi langsung kepada pihak Cherrybelle, manajer mereka bernama Viktor dengan tegas membantah jika ada aksi plagiat dalam lagu "Best Friend Forever", apalagi sampai personel SNSD meluapkan kemarahan kepada Gigi cs.

Beberapa musisi lain yang pernah dituduh menjiplak lagu asing adalah:

1.    Aura Kasih

Penyanyi yang kini berpacaran dengan Rezky Aditya ini berhasil naik pamornya berkat single "Mari Bercinta" masuk dalam album Malaikat Penggoda. Sayangnya lagu tersebut dituding sebagian masyarakat telah menjiplak lagu "Give It To" You milik Sean Paul.

2.    D’Masiv

Kelompok band yang diawaki Rian Ekky Pradipta (vokal), Dwiki Aditya Marsall (gitaris), Nurul Damar Ramadan (gitaris), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bass), dan Wahyu Piadji (drum) itu tersandung tudingan plagiat lagu oleh masyarat. Tak hanya satu atau dua lagu, ada tujuh lagu asing yang memiliki kemiripan dengan mereka, di antaranya:
-    Lukaku - Drive  (Incubus)
-    Cinta Ini Membunuhku - I Don’t Love You (My Chemical Romance)
-    Sebelah Mata - The Take Over, The Break’s Over (Fall Out Boy)
-    Diam Tanpa Kata - Awakening (Switchfoot)
-    Dan Kamu - Head Over Heels (in This Life (Switchfoot)
-    Cinta Sampai Disini - Into The Sun (Lifehouse)
-    Tak Pernah Rela - Is It Any Wonder (Keane)
-    Dilemma - Soldier’s Poem (Muse)

3.    Princess

Girlband yang lahir dari tangan dingin Kevin Aprilio ini ramai diperbincangkan masyarakat karena lagu "Jangan Pergi" ada kemiripan dengan lagu "Everyday, Kachuusa" milik AKB 48, juga mirip dengan lagu After School berjudul "Wonder Boy".

Kevin yang jadi produser sekaligus pencipta lagu mengakui dirinya terinspirasi dari lagu tersebut.

4.    Trio Macan

Mungkin Trio Macan yang paling banyak dibicarakan selain D’Masiv soal lagu plagiat. Grup dangdut yang diisi oleh Lia Amalia, Ifa Novanda, dan Sherly Chacha itu dituding menjiplak habis-habisan lagu suporter bola klub Olympiakos, Yunani, lalu dibuat versi lagu baru berjudul "Iwak Peyek".

Di sini lagu Iwak Peyek juga dibuat untuk dinyanyikan oleh suporter bola Persebaya, Surabaya, Jawa Timur.

Lagu ciptaan Haji Imron itu awalnya dinyanyikan oleh band rock bernama Arek, lalu kemudian dibawakan Trio Macan dalam versi dangdut. Penyanyi juga pencipta lagu "Iwak Peyek" sendiri membantah telah menjiplak lagu milik suporter Olympiakos. (tre)

Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Gallery

Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing

0 comments on Musisi Indonesia yang Pernah Dituding Plagiat Lagu Asing :

Post a Comment and Don't Spam!