'9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding

Share on :

VIVAlife - Setelah menyabet pemeran pembantu wanita terbaik dalam Piala Citra tahun lalu lewat Sang Penari, Dewi Irawan kembali memainkan peran sebagai ibu. Kali ini untuk judul 9 Summers 10 Autumns, film yang juga diangkat dari sebuah novel karya Iwan.

Film 9 Summers 10 Autumns mengisahkan perjalanan seorang anak dari Batu, Malang, Jawa Timur yang berhasil menapaki eskalator ekonomi dari anak seorang sopir angkot menjadi manajer di New York, melalui pendidikan. Novel itu merupakan kisah nyata yang terinspirasi dari perjalanan hidup Iwan sendiri.

Peran ibu dalam cerita tersebut bisa dikatakan sangat penting, karena bisa mendorong kelima anaknya untuk terus sekolah setinggi-tingginya. Itulah yang membuat Dewi Irawan tertarik memerankan karakter tersebut.

"Saya belajar ekonomi manajemen, tapi si ibu itu nggak lulus SD, bisa ngerti ilmunya. Suaminya cuma sopir angkot, ibu itu bisa tahu kapan harus menggadaikan barang, kapan jual barang, kapan nunggak yang ini dan bayar yang itu," ujarnya kagum saat ditemui di film workshop di Grand Kemang, Rabu, 13 Juni 2012.

Dewi juga menyatakan, ia merinding saat melihat betapa besar peran ibu memotivasi anak-anaknya saat membaca novel 9 Summers 10 Autumns. "Dia sangat percaya diri. Dia bilang sama anak-anak, saya nggak bisa janjikan apa-apa, tapi saya janji menyekolahkan kalian setinggi-tingginya. Itu karena dia sendiri nggak sekolah. Saya kagum sekali, anak-anaknya semua sarjana," kata Dewi lagi.

Menurutnya, itu agak berbeda dengan hidupnya sehari-hari. Namun, dirinya mengaku belajar banyak dari sosok itu.

"Lucunya, waktu ketemu adik Iwan aslinya, dia bilang lihat saya langsung ingat ibunya. Langsung telepon ibunya dan nangis. Cover buku kedua Iwan, judulnya Ibu, juga mirip dengan saya. Padahal itu sosok ibunya," ucap kakak Ria Irawan itu antusias.

Film 9 Summers 10 Autumns itu dijadwalkan mulai syuting akhir Agustus, dan rilis pada hari ibu 22 Desember mendatang. Karya sutradara Ifa Ifansyah itu mendapuk Dewi Irawan sebagai ibu, Alex Komang sebagai bapak, dan Oka Antara sebagai Iwan.

SHARE KE TIMELINE FACEBOOK

'9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding Gallery

'9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding

0 comments on '9 Summers 10 Autumns' Bikin Dewi Merinding :

Post a Comment and Don't Spam!