Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi

Share on :

VIVAlife - Belum lama ini, tarian Tor-tor diklaim Malaysia. Hal tersebut menyita perhatian publik dan menjadi sorotan banyak media nasional. Komedian Mandra pun ikutan resah. Ia mengaku khawatir dengan kejadian itu.

Ia takut kejadian itu akan berulang. Mandra pun tak tinggal diam. Untuk melestarikan budaya Betawi, Mandra dan beberapa seniman membentuk Ormas Seni bernama Pangsi (Pelestarian Sanggar Seni dan Budaya Betawi).

"Demi menjaga agar budaya Betawi tidak ikut dicolong, saya buat ormas seni," ujar Mandra ditemui di kawasan Depok, Jawa Barat.

Diakui Mandra, beberapa budaya Betawi juga nyaris hilang di tengah masyarakat. Ia ingin kembali menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga budaya.

 "Ormas seni, tujuannya mengumpulkan kembali tarian, seni, dan budaya yang sudah sulit ditemui di Jakarta. Ormas ini bukan ormas tunjuk kekuatan dan unsur politis. Tapi murni positif, mengumpulkan anak-anak muda yang mau melestarikan budaya Betawi," ujarnya.

Mandra juga menegaskan bahwa ormas seni yang dibentuknya tidak memungut biaya para anggota atau masyarakat yang ingin ikut bergabung. "Tidak ada istilah itu, biasanya kalau sanggar seni seperti ini kalau ada yang mau sumbang atau sukarela kita tampung," ujarnya.

Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Gallery

Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi

0 comments on Cara Mandra Lestarikan Budaya Betawi :

Post a Comment and Don't Spam!