Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda

Share on :
Reza Arshad (foto : Nurul Arifin/Okezone)
Reza Arshad (foto : Nurul Arifin/Okezone)
SURABAYA- Musisi Jazz Riza Arshad bakal tampil beda dalam Just Jazz Festival 2012 di Surabaya. Penampilannya kali ini bersama band Riza Arshad Trio-an. Uniknya, alumni ITB ini bakal memasukkan kendang Sunda sebagai ganti drum.

Menurut Riza, Musik Jazz ini sangat universal sehingga mampu bercampur dengan musik lokal manapun. Meski musik ini lahir di Amerika namun di sejumlah negara musik jazz diterima dengan baik. Bahkann tak jarang musisi lokal menggabungkan musik jazz ini dengan kultur setempat. Menurutnya, jazz sangat fleskibel dan mau menerima budaya lain.

"Dengan itu ke-khas-an musik lokal lebih muncul tanpa menghilangkan nuansa Jazz," kata Riza sebelum acara Just Jazz Festival di Driving Range Ciputra Golf, Surabaya.

Dia mencontohkan, musik jazz di Brazil menjadi Bosanova. Kemudian di Kuba muncul dengan Latin Jazz. Sementara, memasukkan unsur kendang Sunda akan menjadikan musik jazz ini seperti musik asli negeri ini. Terlebih lagi, kendang sunda ini sangat kaya dengan improvisasi.

"Musik jazz adalah banyak Impromisasi sehingga kendang bisa masuk dan menjadi pelengkap menghasilkan musik yang khas Indonesia. Dengan demikian muncul Jazz dengan rasa kita," jelasnya.

Penampilan dengan memasukkan unsur kendang Sunda ini baru dilakukan pada acara Just Jazz Festival 2012 ini. Bahkan, Riza mengaku terlanjur cinta dengan kendang sunda. Ia pun berencana akan mengeksplor Kendang Sunda ini masuk ke musik Jazz.

"Kendang Sunda ini luar biasa. Coba jika James Brown masih hidup dan tahu kendang Sunda, pasti akan mengajak kendang Sunda ini ke grup band-nya," ujarnya

Dalam Just Jazz Festival 2012 Tribute to Franky Sahilatua ini, Riza Arshad bersama Band-nya Riza Arshad Trio-an akan menyanyikan lagu Perahu Retak. Musisi yang belajar piano klasik sejak usia 6 Tahun ini menilai, sosok Franky adalah Komposer besar yang lahir di Surabaya setelah Gombloh. Sosok Franky, selain sebagai seniman juga sebagai seorang aktivis. Maka tak jarang hasil karyanya juga banyak yang bertemakan persoalan sosial.

"Almarhum seniman yang peduli sosial. Salah satu figur penting bagi perkembangan bangsa ini," tukasnya. (rik)

Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Gallery

Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda

0 comments on Riza Arshad Ganti Drum dengan Kendang Sunda :

Post a Comment and Don't Spam!