Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012

Share on :

VIVAlife- Anugerah Musik Indonesia (AMI) tahun ini kembali digelar dengan mengusung tema, 'Dedikasi untuk Musik Indonesia. Solois pria, Afgan Syahreza dan boyband SMASH menjadi nominator terbanyak dalam perhelatan ini.

Pelantun 'Panah Asmara' itu tercatat memperoleh lima nominasi. Sementara SMASH mendapat empat nominasi.

Selanjutnya nama-nama seperti Agnes Monica, Raisa, Kotak dan kelompok vokal Cherrybelle masing-masing memperoleh tiga nominasi.

Ketua Umum Yayasan AMI, Tantowi Yahya, mengatakan, untuk memberi bobot anugerah, pihaknya melakukan proses penghitungan dengan melibatkan akuntan publik.

''Untuk penghitungan dari hasil tabulasi nominasi ini nantinya dilakukan oleh lembaga independen. Kami berharap tidak akan ada kecurangan,'' ujarnya saat dihubungi VIVAlife, Kamis 21 Juni 2012.

Tantowi menjelaskan, sistem penilaian dalam AMI Award mengadopsi pada sistem dari National Academy of Recording Arts and Sciences (Naras). Sistem penilaian yang dimiliki oleh akademi ini, juga pernah digunakan dalam sistem penilaian pada ajang bergengsi Grammy Awards.

Sementara itu penanggungjawab kategorisasi dan penjurian AMI, Seno M Hardjo,  menjelaskan, pada tahun ini ada 46 kategori dan sembilan bidang. Untuk total tropi yang disediakan ada sebanyak 61.

Dan, pada tahun ini, pihaknya memberikan penilaian hampir untuk semua genre musik. ''Mulai dari musik pop, reggae, R&B, Rock n blues hingga apresiasi kepada musik indie,'' ujarnya.

Berdasarkan data nominasi AMI Awards 2012 ini, Afgan menempatkan namanya pada kategori Artis Solo Pria Terbaik,  lagu pop pertama kali terekam dan dipasarkan secara umum. Kategori lainnya, Afgan juga masuk ke dalam nominasi produser album rekaman terbaik serta artis penampil dan produser atas satu buah karya bersama terbaik.

Pada kategori artis solo pria terbaik, Afgan bakal bersaing dengan Iwan Fals, Marcell, Once, Sandhy Sondoro, dan Vidi Aldiano. Sedangkan pada kategori artis solo wanita terbaik, Agnes memperoleh saingan dari Astrid, Gita Gutawa, Raisa, dan Syahrini. (eh)

Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Gallery

Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012

0 comments on Afgan dan SMASH Bersaing di AMI 2012 :

Post a Comment and Don't Spam!