Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy

Share on :

VIVAlife- Pernikahan Audy Item dan Iko Uwais bukan hanya penggabungan dua keluarga besar, melainkan juga memadukan dua budaya, yakni Betawi dan Sunda. Akad nikah keduanya telah sukses dilangsungkan di Hotel Gran Mahakam, kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin 25 Juni 2012.

Usai dinyatakan resmi menjadi sepasang suami istri, Audy dan Iko lantas melakukan prosesi sungkem kepada orang tua mereka, dan kemudian melakukan serentetan ritual adat Parahyangan, sesuai latar belakang Audy yakni Sunda.

Pertama, mereka duduk untuk mendapat 'bekal' dari orang tua masing-masing berupa ketan kuning. Pasangan yang memutuskan untuk menikah setelah berpacaran 3 bulan itu, juga terlihat disuapi ketan kuning oleh ibunda masing-masing. Sebagai ungkapan selamat datang untuk Iko dari keluarga Audy, ayah Audy juga menyuapi ketan kuning untuk sang menantu baru. Barulah, Iko dan Audy saling bersuapan.

Mereka lalu berebut makanan dan saling tarik menarik ayam. Suasana tegang berubah menjadi konyol saat Iko hanya mendapat sedikit bagian paha ayam, sedangkan Audy mendapat bagian lebih besar. Iko tampak tertegun menatap potongan ayam yang didapatnya. Potongan itu yang kemudian digigitnya berdua dengan sang istri.

Ritual tidak berhenti sampai di situ. Keduanya dipayungi payung besar berdua, dengan keluarga di belakangnya. Setelah itu, Iko masih harus menyalakan tujuh pelita, menyalakan dupa yang langsung diredam ke dalam kendi berisi air, lalu dipatahkan selayaknya mereka mematahkan masalah berdua.

Pasangan pengantin baru ini juga bersama memecahkan telur dan kendi. "Mau punya anak berapa?" tanya sang MC sebelum kendi dipecahkan. "Sedikasih-nya saja," jawab Iko singkat. Namun, setelah sedikit berunding dengan Audy, ia menjawab, "Dua cukup deh," katanya.

Terakhir, keduanya beserta keluarga, menebarkan permen sebagai tanda ikut menyebarkan rejeki. (eh)

Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Gallery

Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy

0 comments on Prosesi Adat di Pernikahan Iko dan Audy :

Post a Comment and Don't Spam!