Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila

Share on :

Di tengah hujaman protes dan ancaman sensor, Lady Gaga jadi juga tampil di Manila, Senin 21 Mei 2012. Konser digelar di gedung konser anyar milik orang terkaya Filipina, Henry Sy.

Penyanyi bernama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta itu tampil di hadapan 40 ribu penggemarnya yang rela merogoh kocek $370 per orang demi menonton aksi ikon pop dari Amerika Serikat itu.

Gaga bahkan tetap menampilkan lagu kontroversialnya, 'Judas', yang dituding telah melecehkan agama Kristiani, yang dipeluk mayoritas orang Filipina. Para penonton ramai-ramai men-tweet foto Gaga mengenakan gaun panjang kuning--warna gerakan People's Power di Filipina--saat dia dan para penari latar menari lincah membawakan lagu 'Born This Way' yang merupakan pembelaan terhadap keberadaan kaum gay.

Pemerintah Kota Manila jauh-jauh hari telah memperingatkan Gaga: konser keduanya pada Selasa malam ini akan dilarang jika dalam konser perdananya ditemukan ada penghujatan, pemujaan setan, ketelanjangan atau perilaku cabul lainnya. Namun, sebagaimana dimuat situs GMA News, Gaga malah balik menantang, "Aku bukan makhluk di bawah pemerintahanmu, Manila."

Tur dunia Gaga bertajuk 'The Born This Way Ball' jadi kontroversi panas di Asia. Di Indonesia, dia jadi sasaran protes kelompok Islam militan. Konsernya terancam dibatalkan, setelah Polda Metro Jaya merekomendasikan agar Mabes Polri tidak mengeluarkan izin konser.
 
Di Filipina, Uskup Ramon Arguelles mendesak masyarakat untuk memboikot dua konser Lady Gaga. "Fans dia berada dalam bahaya jatuh ke dalam cengkeraman iblis," dia mengutuk.

Mantan walikota Manila, Lito Atienza, juga menyerukan penentangan terhadap lagu 'Judas'.

Di saat 100 'Little Monster'--julukan bagi fans berat Gaga--berbaris dengan dandanan, gaya rambut, dan pakaian seheboh artis idolanya, sekitar 500 aktivis Kristen mencoba menghadang dengan berbaris di lokasi konser. Mereka menyanyikan lagu-lagu religi sambil membawa plakat bertuliskan, "Stop Lady Gaga, Mother Monster." Namun, polisi anti huru hara menghentikan aksi mereka sekitar satu kilometer di luar lokasi konser.

Kelompok Kristen sebelumnya mengatakan mereka akan mengirim orang untuk memonitor konser Gaga dan meperingatkan bahwa mereka bisa menuntutnya secara hukum jika mempertontonkan "perilaku tak senonoh". Menurut hukum Filipina, tindakan itu diancam hukuman maksimal hingga enam tahun penjara.
 
Meskipun diprotes, permintaan tiket konser Gaga justru laris manis. Penyelenggara konser Manila harus memperpanjang konsernya, dari yang rencananya hanya digelar satu kali menjadi dua malam.

Demikian pula di Hong Kong. Di kota ini, konser Gaga bahkan sampai digelar hingga empat kali. Bagaimana di Indonesia? (kd)

Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Gallery

Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila

0 comments on Diprotes, Konser Lady Gaga Digelar di Manila :

Post a Comment and Don't Spam!